________________________________________ widgeo.net

Change Yr' BackGround Blog

Sabtu, 29 Oktober 2011

Misteri Mesir Kuno

Dewa-Dewi Mesir

Eye of Horus
     Dewa paling tinggi pada mitologi mesir kuno adalah Horus, dewa berkepala burung yang berada di atas       kekuasaan sang Pharaoh. Horus juga disebut sebagai Ra, atau dewa Matahari. yang memiliki kekuasaan   tertinggi, sehingga jika ada orang berjalan dihadapan patung nya, harus dengan langkah kaki kiri di depan sebagai lambang mempersembahkan jantung.



Anubis
     Sang dewa penghubung antar dunia sekarang dengan alam baka. Anubis digambarkan selalu membawa benda seperti salib yang merupakan tongkat untuk menghidupkan kembali sang mayat di alam baka.

 Anubis sedang memegang salib nya yang berarti Ressurection
Anubis juga dikatakan sebagai dewa penjaga mumi dan pembuat mumi.

 Anubis sedang melakukan mumifikasi

 Dan selanjutnya adalah Osiris, dewa orang mati. atau penjaga Underworld. dia adalah Raja dari Orang mati pada alam baka.. juga Dewa dari genangan dan Vegetasi. direpresentasikan sebagai sebuah mumi raja-pusat pemujaan utama, Abydos.Osiris dilihat sebagai hakim agung mati.

 
 Osiris Ptah: Pencipta-dewa Memphis, digambarkan sebagai seorang pria, mummiform, mungkin awalnya sebagai patung dewa pelindung pengrajin; disamakan oleh orang Yunani dengan Hephaestus.

 Nut (Nuit): langit-dewi, istri Geb, dewa bumi; digambarkan sebagai seorang wanita, tubuhnya yang telanj*ng melengkung membentuk lengkungan surga.







    Nut yang berada di atas, dan Geb yang sedang berdiri.
Qadesh: Dewi asal Suriah, sering digambarkan sebagai seorang wanita berdiri di atas punggung singa.
 
  
  Isis adalah Dewi di mesir kuno, dia juga disembah di beberapa negara di seluruh dunia semisal Yunani-Romawi. Dia dipuja sebagai ibu yang ideal, istri, pelindung alam dan sihir. Dia adalah teman budak, orang-orang berdosa, pengrajin, kaum tertindas, serta mendengarkan doa orang-orang kaya, gadis, bangsawan dan penguasa. Isis adalah dewi ibu dan kesuburan.

 Ptah
   Ptah-seker-Osiris: Composite dewa, menggabungkan dewa utama penciptaan, kematian, dan setelah kehidupan; diwakili seperti Osiris sebagai raja mumi.



   Ra (sering diucapkan sebagai Rah, tetapi lebih tepat sebagai RE) adalah dewa matahari Mesir kuno. Pada kelima dinasti ia menjadi dewa besar dalam agama Mesir kuno, diidentifikasi dengan ciri 'matahari tengah hari'. Ra sangat banyak berubah dari waktu ke waktu, terdapat juga nama Kota asal dewa yaitu kota Heliopolis yang berarti “Kota Matahari” oleh orang Yunani Kuno.
kemudian,Ra bergabung dengan dewa Horus, sebagai Re-Horakhty. Ketika mencapai posisi penting dalam jajaran Mesir, ia dipercaya untuk memimpin langit, bumi, dan di bawah tanah. Dia dikaitkan dengan elang, serta simbol dewa matahari yang melindungi fir’aun.
Dewa Khnum
 Dewi Maat
 Dewi Nepthys
 Dewi Sekhmet
 Dewa Sobek
 Dewa Thoth


Bast
    Dewi pelindung rumah, lambangnya kucing, kucing sangat dihormati dijaman mesir kuno.

Seth
   Dewa kehancuran, saudara sekaligus pembunuh Osiris dalam mitologi Mesir.

Wadj-Wer
    Wadj-wer adalah dewa kesuburan Mesir yang namanya berarti "hijau agung". Kadang, dia digambarkan dalam bentuk androgina, dia merupakan personifikasi laut Mediterania atau danau besar delta Nil. Dia digambarkan membawa ankh dan sebuah roti. Wadj-wer sering digambarkan sedang mengandung dan dihubungkan dengan kekayaan air delta Nil.